BMKG Ingatkan Masyarakat Jabodetabek Waspadai Banjir

BMKG Ingatkan Masyarakat Jabodetabek Waspadai Banjir

Ilustrasi Cuaca Ekstrem

foto.m.medcom/fjn

Faktajaya News, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut seluruh wilayah DKI Jakarta hingga Bodetabek siaga banjir. Bahkan seluruh wilayah Jabodetabek diprediksi akan diguyur hujan lebat hingga ekstrem akibat fenomena siklon tropis.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita menjelaskan fenomena siklon tropis dapat berpotensi munculnya hujan lebat hingga ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dwikora mengatakan, wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, hingga Jawa Tengah berpotensi mengalami banjir akibat fenomena tersebut.

Lebih jauh dikatakannya, “yang terdampak tidak hanya DKI Jakarta, tetapi serempak ini Banten siaga banjir, DKI Jakarta siaga banjir, Jawa Barat siaga banjir dan banjir bandang, Jawa Tengah siaga banjir dan banjir bandang,” kata Dwikorita kepada wartawan, Rabu (24/2).

Dikatakan Dwikorita, hujan ekstrem ini diprediksi terjadi malam hari nanti dan akan berlangsung hingga Kamis besok.

Dia pun mengingatkan masyarakat di seluruh DKI Jakarta dan Bodetabek mewaspadai terjadinya banjir.

“Khususnya untuk DKI yang perlu diwaspadai hampir merata, yaitu Jakarta Utara siaga banjir, Jakarta Pusat siaga, Jakarta Barat siaga, Jakarta Timur siaga, Jakarta Selatan siaga, Bogor siaga, Kota Depok siaga, Kota Tangerang siaga, Kota Tangsel siaga, Kota Bekasi juga siaga,” ucapnya.

Sebelumnya tak hanya Jabodetabek, Dwikorita mengungkap fenomena siklon tropis yang bisa berdampak pada hujan lebat hingga ekstrem juga diprediksi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

BMKG meminta masyarakat di Banten, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat waspada terkait potensi hujan ekstrem yang terjadi mulai malam ini hingga besok.

“Siklon tropis itu yang perlu diwaspadai karena dapat berdampak secara tidak langsung mengakibatkan intensitas hujan lebat hingga ekstrem, ekstrem di sini lebih dari 150 mm/jam,” kata Dwikorita.

Dikatakan Dwikorita, hujan lebat hingga ekstrem akibat siklon tropis ini akan terjadi mulai malam hari nanti. Kondisi hujan ekstrem ini diprediksi akan berlangsung hingga Kamis (25/2) besok.

“Dampak ini tidak terbatas terjadi di Jabodetabek saja, tetapi dampak ini hampir merata atau merata terutama di Banten, yaitu statusnya siaga banjir atau banjir bandang, kemudian DKI Jakarta juga statusnya siaga mulai tanggal 25 Februari, mulai tanggal 25 Februari berarti besok, dan hujan lebat, hujan intensitas lebat, dan ekstrem diprediksi akan mulai malam ini dan dini hari dan dapat secara menerus selama beberapa jam hingga besok malam,” ucapnya.

“Jadi dampak ini dapat berupa hujan lebat hingga ekstrim yang mulai turun malam hari atau dini hari nanti pukul 00.00 WIB, dan berlanjut beberapa jam hingga besok pagi dan masih menerus siang, sore, dan sampai malam hari, sehingga yang dikhawatirkan adalah intensitas lebat dan ekstrem dan menerusnya dari dini hari sampai besok malam hari,” jelas Dwikorita. red

About Maulana Kusuma Wijaya

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *