USAI DIPERINTAH JOKOWI, POLRI GERAK CEPAT TANGKAP 49 PEMALAK SOPIR TRUK

USAI DIPERINTAH JOKOWI, POLRI GERAK CEPAT TANGKAP 49 PEMALAK SOPIR TRUK

Foto : doc.fjn/mkw

Para pemalak yang berhasil ditangkap saat konferensi pers.

Faktajaya News, Jakarta – Usai diperintahkan Presiden Joko Widodo, Kapolri langsung menginstruksikan jajarannya menangkap para pemalak yang kerap meresahkan para sopir truk.

Polres Jakarta Utara pun bergerak cepat dan berhasil menangkap 49 pelaku pemalak (pungli,red) terhadap sopir truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penangkapan ini berawal dari informasi langsung dari para sopir truk kontainer JICT Tanjung Priok dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara tatap.muja pada Kamis lalu.

Terkait dengan itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut puluhan orang tersebut ditangkap di beberapa lokasi.

“Kami amankan sekarang ada 49 orang dengan perannya masing-masing dengan kelompok masing-masing di pos-pos masing-masing,” kata Yusri saat jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

Yusri merincikan 42 pelaku diamankan oleh jajaran Polres Metro Jakarta Utara. Sedangkan, tujuh lainnya oleh Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

“Mereka di pos-posnya masing mulai dari masuk mendekati Pelabuhan Tanjung Priok sampai dengan nanti mengangkat barang tersebut atau kontainer tersebut ini yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku dengan pungli,” urai Yusri.

Nominal pungutan liar yang diminta oleh para pelaku di posnya masing-masing bervariasi. Mulai dari Rp2.000 hingga Rp20.000.

“Kalau tidak membayar disuruh minggir. Ini permainan-permainan jahatnya mereka-mereka semua ini menghambat semuanya,” pungkas Yusri.

Sebelumnya menurut Kapolres Metro Jakut, Kombes Guruh Arif Darmawan kepada awak media mengatakan, “hasil temuan bahwa sering terjadi kemacetan yang dialami oleh para sopir truk dikarenakan adanya pungli atau pemerasan yang dilakukan di beberapa depo di daerah Jakarta Utara,” katanya

Modus yang dilakukan para pelaku, yakni dengan meminta bayaran dari para sopir truk secara tidak resmi.

Namun dirinya juga menegaskan, Polisi akan terus melakukan pemberantasan pungli bahkan tidak segan menindak tegas para pemalak sopir. “Ya kalau masih terjadi lagi akan kita tindak tegas. Ini (pungli) kan memberatkan para pengemudi,” katanya. (Tim)

About Maulana Kusuma Wijaya

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *