Puluhan Tokoh Masyarakat Dan Sahabat ‘Iringi Pemakaman’ Ki Joko Bodo

Puluhan Tokoh Masyarakat Dan Sahabat ‘Iringi Pemakaman’ Ki Joko Bodo

Foto : Salah satu sahabat almarhum, Ki Kusumo saat ditemui para awak media (kiri) dan makam almarhum (kanan)

FAKTAJAYA NEWS, JAKARTA – Kabar meninggalnya mantan paranormal Agung Yuliarto alias Ki Joko Bodo yang tersiar luas di Instagram membuat tokoh masyarakat, Artis dan Paranormal menelusuri kebenaran berita di Instagram itu yang isinya, “Inna lilahi wa inna ilaihi raji’un, Selamat jalan @kijoko.bodo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT… Aamiin Yra. Saya menjadi saksi bahwa saat adzan tiba, almarhum langsung ada di Mushola untuk melaksalan shalat,”


Demikian kabar Ki Joko Bodo yang dikirimkan Ki Prana Lewu melalui Instagram Story, pada Selasa (22/11/2022).


Belakangan informasi itu pun dibenarkan pihak keluarga almarhum, yang mengatakan almarhum meninggal hari ini (Selasa) pada jam.10.00 WIB dan akan di makamkan pada hari ini juga.


Jenazah mantan paranormal Agung Yulianto bin Raden Subroto alias Ki Joko Bodo dimakamkan di TPU Lubang Buaya Jakarta Timur, Selasa (22/11) sore. Selain di iringi keluarga dan tokoh masyarakat sekitar juga turut diantar ke peristirahatan terakhir oleh sejumlah sahabat, mulai dari awak media, para artis hingga tokoh paranormal.


Salah satu sahabat almarhum, KH Abdulllah Wong yang menyampaikan bahwa almarhum menjelang akhir hayatnya mengabdikan diri di lembaga otonom NU, Lesbumi (Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin Indonesia). Dalam beberapa tahun belakangan juga terjadi perubahan di Istana Wong Sintinx, yang dulu dipakai untuk tempat praktiknya kini sudah menjadi majelis dzikir.


“Istana Wong Sintinx sudah menjadi majelis dzikir dan salawat,” kata KH Abdulllah Wong kepada awak media.


Dia menyampaikan, kunci baik tidaknya seseorang tergantung pada akhir hayatnya. Dia berharap Ki Joko Bodo meninggal dalam keadaan husnul khatimah karena di akhir hidupnya, almarhum mendekatkan diri ke jalan agama dengan rutin melaksanakan ibadah dan dzikir serta mengabdikan diri pada kegiatan keagamaan.


“Insya Allah apa yang beliau lakukan menjadi amal saleh yang menghantarkan almarhum mendapatkan husnul khatimah dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT,” tuturnya.


Senada dengan KH Abdullah, salah satu paranormal kondang yang juga merupakan sahabat dekatnya, Ki Kusumo yang hari itu didampingi pimpinan media FJN kepada awak media mengatakan, almarhum selain merupakan sosok yang unik juga sangat peduli dengan banyak sahabatnya.


“Saya sejak tahun sembilan puluhan sudah bersahabat dengan almarhum. Dia selain nyentrik dan unik juga sangat peduli dengan sahabat-sahabatnya,” ungkap Ki Kusumo.


Ki Kusumo juga menambahkan, “semoga semua amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan, diberikan kekuatan dan ketabahan,” ujarnya.


Seperti diketahui Ki Joko Bodo meninggal dunia di kediamannya di bilangan Lubang Buaya Jakarta Timur, pada pukul 09.57 WIB (22/12) setelah sempat berjuang melawan penyakit hipertensi. Dan akhirnya menghembuskan napas terakhir di usia 57 tahun.(red)

About Maulana Kusuma Wijaya

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *