Polri Sediakan Arus Balik Lebaran 2023 ‘Gratis’

Polri Sediakan Arus Balik Lebaran 2023 ‘Gratis’

foto : kemacetan arus mudik di pintu tol/fjn


FAKTAJAYA.COM, JAKARTA – Ternyata Polri tidak hanya menyediakan program mudik gratis saja tetapi juga mengupayakan program arus balik gratis Lebaran 2023.


Hasil informasi, program arus balik gratis Polri Lebaran 2023 ini diperuntukkan bagi mereka yang akan kembali ke DKI Jakarta, setelah sebelumnya mudik ke kampung halaman.


Program itu diungkapkan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melepas bus mudik gratis, di Monas, Jakarta Pusat, pada Selasa (18/4/2023).


“Kita siapkan juga nanti masyarakat yang ingin kegiatan baliknya gratis,” ungkap Jenderal Listyo.


Cara daftar arus balik gratis


“Nanti bisa melapor ke Polres setempat untuk kemudian nanti didaftarkan dan kemudian nanti akan disiapkan untuk program balik gratis,” terangnya.


Jenderal Listyo juga berjanji Polri akan mengupayakan maksimal program arus balik gratis bagi masyarakat ini.


Karena itu, ia berharap masyarkat bisa memanfaatkan program yang sama sekali tidak dipungut biaya sama sekali ini.


“Tentu kita akan upayakan secara optimal. Harapan masyarakat yang ikut mudik gratis nanti pada saat baliknya juga bisa mengikuti,” kata dia.


Dalam kesempatan itu, Jenderal Listyo juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program mudik gratis Polri Lebaran 2023.


Menurutnya, hal ini merupakan momen yang menjadi bagian dari upaya Polri untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan bagi masyarakat.
Untuk arus mudik tahun ini, Polri mendirikan total 2.787 posko di sepanjang jalur mudik di seluruh Indonesia.


Rinciannya, 1.850 pos pengamanan (Pospam), 713 pos pelayanan (Posyan) dan 217 Pos terpadu.

Sementara 713 posko pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya.


Sedangkan 217 posko terpadu yang berfungsi untuk pusat operasi.


Dalam Operasi Ketupat 2023 ini, Polri membagi lima wilayah utama di Pulau Sumatera, Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di setiap Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai posko operasi terpusat.


Total personel yang dilipatkan dalam Operasi Ketupat 2023 ini berjumlah 148.261 personel gabungan terdiri atas TNI, Polri, kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, dinas perhubungan, dinas kesehatan, dan lainnya.(red)

Sumber : berbagai sumber

About Maulana Kusuma Wijaya

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *