Jelang Pilkada, PWI Bekasi Gelar Dialog Dengan KPU Kota dan Kabupaten Bekasi

Jelang Pilkada, PWI Bekasi Gelar Dialog Dengan KPU Kota dan Kabupaten Bekasi

FAKTAJAYA,COM, BEKASI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi Raya menggelar dialog yang mengusung tema “Kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait Pilkada Serentak di Kota dan Kabupaten Bekasi 2024”.


Dialog ini berlangsung di Aula PWI Bekasi, Jalan Rawa Tembaga II Kompleks Perkantoran Pemda Kota Bekasi pada Rabu, (19/62024).

Hadir di acara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido, dan Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, sebagai narasumber dan dipandu langsung Ketua PWI Bekasi, Ade Muksin.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido, dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa pihaknya telah memilih 750 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 26 Mei 2024.

“Sudah tercatat pemilih tetap di Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Bekasi berjumlah 2.258.378 orang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ali Rido juga mengajak dan berharap PWI Bekasi dapat ikut serta dalam mensosialisasikan berbagai nformasi terkait pilkada dari KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa, lebih mengedepanian pentingnya Pilkada sebagai bagian dari demokrasi pasca-reformasi.

“Pilkada langsung dimulai tahun 2008, 2012, 2018, dan yang keempat 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Berdasarkan UU Pilkada, pemilihan langsung oleh rakyat ini memiliki keistimewaan karena masyarakat punya keterlibatan langsung dalam memilih Walikota dan Bupati,” jelasnya.

Selain itu Ali Syaifa berharap masyarakat dapat memilih dengan pertimbangan yang lebih mendalam, melihat kinerja, memiliki kapasitas, memiliki rekam jejak yang baik dan juga bisa membawa perubahan yang baik dari para calon.

Lebih jauh dirinya menambahkan, bahwa tujuan dari tahapan pemilu pilkada adalah supaya informasi sampai ke masyarakat, serta mendorong partisipasi yang bermakna dari masyarakat, termasuk berani menyampaikan protes jika ada yang tidak sesuai dengan peraturan UU Pilkada.

Pada kesempatan itu, sebagai KPU kedua narasumber juga berjanji untuk tidak ada yang ditutupi, siap dikritisi, dan menyampaikan informasi secara transparan.(red)

About Maulana Kusuma Wijaya

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *